Wednesday, February 8, 2017

Apa Itu Ibanez Gitar ?

Ibanez Gitar - Ibanez gitar adalah  keluaran Jepang yang sudah terkenal,  dan digunakan juga oleh gitaris-gitaris beken seperti Joe Satriani, Steve Vai,   atau Kiko Loureiro (gitaris Angra). Selain mereka masih banyak gitaris-gitaris lainnya yang menggunakan Ibanez.

Pemilik Ibanez adalah orang Jepang yang bernama Hoshino Gakki. Ibanez berbasis di Nagoya, Aichi, Jepang. Hoshino Gakki adalah salah satu perusahaan instrumen musik Jepang pertama yang bisa secara signifikan menjual gitar di Amerika Serikat dan Eropa. Ibanez juga menjadi pelopor dan memproduksinya secara masal gitar tujuh-senar dan gitar delapan-string.

Awalnya perusahaan Hoshino Gakki adalah divisi penjualan alat musik dari sebuah toko buku bernama  Shoten Hoshino. Penjualan alat musik mulai dilakukan oleh toko buku itu terjadi pada 1908. Merek Ibanez muncul pada 1929, ketika itu Hoshino Gakki mengimpor gitar Salvador Ibáñez é Hijos dari Spanyol.

apa itu ibanez gitar
Dalam laman Wikipedia disebutkan, setelah Telesforo Julve membelinya pada 1933, Hoshino Gakki memutuskan untuk membuat gitar akustik Spanyol pada 1935. Awalnya menggunakan merek “Ibanez Salvador”, tapi kemudian berubah menjadi “Ibanez”.

Era modern gitar Ibanez dimulai pada 1957. Desain-desainnya mengesankan liar terutama pada era 1950-an dan 1960-an. Pada era tersebut sebagan besar gitar buatan Jepang menyontek gitar buatan Eropa seperti desain gitar Hagstrom dan EKO.  Hoshino Gakki menggunakan pabrik Teisco dan Gakki FujiGen untuk memproduksi gitar Ibanez  setelah berhenti menutup  pabrik gitar mereka sendiri pada 1966. Setelah pabrik gitar Teisco ditutup pada 1969/1970 Hoshino Gakki menggunakan pabrik Gakki FujiGen. Di pabrik inilah gitar-gitar Ibanez dibuat.

Pada 1960 desain gitar Amerika mulai bermunculan di Jepang. Ibanez sendiri menyadur Gibson, Fender dan Rickenbacker.  Gugatan pada Ibanez pun bermunculan. Pada era tersebut Ibanez meluncurkan gitar bermerek Mann untuk menghindari gugatan. Hoshino Gakki kemudian memperkenalkan model Ibanez yang sama sekali desainnya berbeda dengan  Gibson atau Fender. Gitar tersebut dikeluarkan dengan nama Iceman dan Ibanez Roadstar.

Sejak saat itu Ibanez mulai menelorkan desain-desain gitar sendiri. Akhir 1980-an dan awal 1990-an merupakan periode yang penting buat Ibanez. Hoshino Gakki mulai menjalin hubungan dengan mantan gitaris Frank Zappa,  Steve Vai untuk memperkenalkan Ibanez JEM dan Ibanez Universe. Ini merupakan kelanjutan sukses Ibanez meluncurkan model Roadstar dan  Iceman. Tidak sampai di situ Hoshino Gakki mulai memasuki pasar dengan seri RG, yang harganya lebih murah daripada Ibanez JEM.

Hoshino Gakki juga membuat gitar akustik bersenar nilon, dan gitar akustik bersenar baja. Merek-merek gitar tersebut masih Ibanez.  Pada 1980 pembuatan gitar Ibanez tidak hanya di  FujiGen, tapi juga dibuat di negara-negara Asia lainnya seperti Korea, Cina dan Indonesia. Awal 1980-an di  FujiGen juga membuat gitar synthesizer Roland, termasuk StratocasterRoland G-505, the twin-humbucker Roland G-202  Roland G-202 (didukung oleh Eric Clapton, Dean Brown, Jeff Baxter, Yannis Spathas, Steve Howe, Mike Rutherford, Andy Summers dan Steve Hackett), dan Ibanez X-ING IMG-2010.

Selain Ibanez, Hoshino Gakki, juga memiliki produk gitar yang bermerek Cimar dan Starfield.

Pada 1970-an, Hoshino Gakki dan Kanda Shokai berbagi beberapa desain gitar dan sehingga beberapa gitar Ibanez dan Greco memiliki fitur yang sama. Gitar Kanda Shokai Greco adalah gitar yang dijual di Jepang, sedangkan Hoshino Gakki Ibanez adalah gitar yang dijual di luar Jepang.  Dari tahun 1982, gitar Ibanez telah dijual di Jepang maupun di luar Jepang.

ibanez gitar 


Selain gitar Greco, Ibanez juga berbagi desain dengan gitar bermerk Antoria and Mann berbagi. GItar merek Antoria dikelola oleh JT Coppock Leeds Ltd England. Gitar mereka CSL dikelola oleh Charles Summerfield Ltd dari Inggris juga menyumbang beberapa ide desain untuk Hoshino Gakki. Mereka mengimpor gitar Ibanez dan CSL ke Inggris.

Sekarang gitar Ibanez sudah semakin berkembang, dan sangat disukai oleh gitaris amatir, maupun professional. Lebih lagi setelah Joe Satriani, dan Steve Vai juga secara signature telah menggunakan gitar buatan Ibanez.

Demikian ulasan mengenai gitar ibanez dan perkembangannya. Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan anda mengenai gitar. Sekian pembahasan dari kami dan terima kasih. Jangan lupa share info ini di media sosial kamu semua. 

Artikel Terkait

Apa Itu Ibanez Gitar ?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email