Menentukan Posisi Kunci dan Chord C

Unknown 12:12:00 AM
Dalam artikel sebelumnya telah dijelaskan, dan mencoba menganalisis kunci dan kord gitar F. Adapun dalam tulisan ini kita akan membahas chord C. Sebetulnya jika kita sudah bisa dan menghafal kunci C selanjutnya akan lebih mudah untuk menerapkan kunci-kunci lainya.

Seperti pernah dijelaskan di artikel sebelumnya bila kita sudah hafal kunci dan kord gitar F maka kita tingga menggeser berdasarkan pola interval atau jarak antarnot dalam sebuah tangga nada. Dalam gitar, geser menjauhi nut satu fret berarti naik setengah not. Sebaliknya jika geser satu fret mendekati nut berarti turun setengah not. Begitu seterusnya.

Untuk mempermudah kita tampilkan lagi diagram chord F

chord f dalam menentukan posisi kunci c


Dalam tulisan berjudul F Gitar – Menentukan Posisi Kunci F Gitar diberikan contoh sebagai berikut jika ingin memainkan chord G berarti posisi dari  chord F tinggal geser dua fret. Seterusnya jika ingin memainkan chord A juga tinggal geser dua fret dari posisi chord G. Kemudian jika kita ingin memainkan chord B kita tinggal menggeser dari posisi chord A dua fret. Begitu seterusnya, kecuali jika kita menemukan pola interval yang hanya setengah.

Mengenai istilah pola interval, nut, fret, tangga nada, dan yang lainnya dalam tulisan di sini telah dijelaskan dalam tulisan sebelumnya. Anda bisa membuka-buka artikel lainnya di website ini. Semua informasi disajikan lugas, dan gratis.

Selanjutnya kita akan membahas chord C. Pertama-tama kita harus memperhatikan, dan mempelajari diagram chord C di bawah ini.

menentukan posisi kunci c
Untuk penjelasan gambar di atas, angka-angka yang ada di bagian atas adalah symbol jari Anda ketika memainkan kunci C. Simbol-simbol tersebut adalah:
0: senar tidak dipijat1: telunjuk2: jari tengah3: jari manis4: kelingkingx: Tidak dibunyikan
Kemudian angka yang ada di sebelah kiri menunjukkan lingkaran hitam berada di fret berapa. Perhatikan 6 garis vertical dalam gambar tersebut. Jika garis-garis itu ada bulatan hitam berarti menunjukkan senar yang dipakai saat memainkan chord C.

Coba perhatikan chord  C berada di fret 3. Kemudian jika kita perhatikan senar satu, lima, dan enam harus dipijat. Lihat juga di fret lima, jari tengah, jari manis, dan kelingking harus sekaligus memijat posisi not E, posisi not C, dan not G.

Dari mana kita mengetahui kalau not E, posisi not C, dan not G yang harus dipijat. Dalam pelajaran sebelumnya bahwa senar dalam posisi 0 menunjukkan not-not sebagai berikut E-A-D-G-B-E. Kalau digambarkan dalam sebuah diagram bisa dilihat di bawah ini.

diagram kunci c
Seperti yang telah diulas dalam artikel sebelumnya, bahwa jarak fret satu ke frat lain dihitung setengah not. Lihat di senar kelima fret ketiga.  A ke C memiliki pola interval satu setengah. Jadi nada C berada di fret 3 senar kelima. Begitu juga dengan nada-nada yang lainnya asal kita tahu tangga nada C Mayor maka teori di atas sangat mudah untuk diterapkan. Tangga nada C Major adalah  C-D-E-F-G-A-B-C yang memiliki interval 1-1-1/2-1-1-1/2. Sedangkan pola kunci major adalah 1-3-5 (C-E-G).

Lalu bagaimana dengan kunci C minor, kita tinggal terapkan cara-cara seperti yang telah dijelaskan di atas. Hanya kita harus tahu pola minor dengan major ada perbedaan. Perbedaannya terletak pada not kedua, dalam minor nada kedua menjadi turun setengah jadi polanya menjadi 1-3b-5 (C-E-G). Gambar diagram Cminor adalah sebagai berikut:

chord cm
Kalau kita perhatikan diagram di atas, chord C dengan Cminor (Cm) ada perbedaan pada letak jari tengah di senar kedua yang menggeser mendekati nut satu fret. Jika kita membunyikan senar itu maka akan berbunyi not 3b (Eb). Sesuai pola minor yakni  1-3b-5, maka ketiga not tersebut sudah terwakil.

Selanjutnya kita akan melihat diagram C7 di bawah ini:

diagram c7
Lihat perbedaannya dengan CM, chord C7 tinggal melepas jari manis kita dari senar. Coba perhatikan CMajor, CMinor, dan C7 meski masih chord C tapi memiliki perbedaan dan ada perubahan. Perubahan itu tergantung pada formula. CMajor memiliki formula sebagai berikut 1-3-5 = C-E-G,  Cm formulanya 1-3b-5 = C-Eb-G, dan C7 formulanya 1-3-5-7b = C-E-G-Bb. Untuk yang C7 ternyata terdiri 4 not. Not yang baru adalah Bb. Berarti kita harus menambahkan not Bb dalam chord C.

Bagaimana dengan chord D, E, F, dan seterusnya kita tinggal menggeser ke fret not D berada. Not C memang tidak hanya satu, tapi untuk mempermudah kita yang dipelajari di atas adalah chord C yang berada di fret tiga.

Demikian informasi cara menentukan posisi kunci c dan chord c. Semoga penjelasan diatas dapat menambah kemampuan anda dalam belajar gitar. Jangan lupa bagikan ke teman anda melalui media sosial. Sekian dari mychordda dan terima kasih.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »