Apa Itu Family Chord ? Berikut Pengertian dan Cara Belajarnya

Unknown 10:50:00 PM
Family Chord - Apa itu family chord ? wajibkah dipelajari ?. Jika sebelumnya telah dibahas chord progression.  Adapun formula untuk chord progression major adalah I – IV – V. Kumpulan chord ini biasa disebut Family Chords. Contohnya adalah C, F, G. Nah sekarang kita akan mengenal kumpulan Cousin Chords atau secondary chord yang formulanya adalah II – III – VI – VII (minor & diminished). Contohnya Dm, Em, Am, Bdim.

apa itu family chord


Meski hanya dengan Family Chords bisa membuat sebuah lagu beraturan, seperti pada lagu Balonku, komposisi lagu akan semakin kaya nada dan enak didengar bila ada penambahan secondary chord, seperti Dm, Em, Am, Bdim dalam nada dasar C. Coba saja dengarkan atau amati dalam partitur sebuah lagu selalu terselip kumpulan chord dari secondary chord.


Jadi formula lengkap chord progression adalah I–II-III-IV–V-VI-VII. Bila DO=C maka chord progression-nya adalah C (I) – Dm (II) – Em (III) – F (IV) – G (V) – Am (VI) – Bdim (VII). Perhatikan nada-nada yang ada pada secondary chord, nada-nadanya minor dan dim. Itu terjadi karena nada triad dalam chord tersebut tidak ada dalam tangga nada C.

Triad chord D adalah D, F#, A sedangkan nada F# tidak ada dalam tangga nada C major. Maka F# diturunkan menjadi F. D F A adalah triad untuk D minor. Hal yang sama berlaku untuk A dan B.


Coba perhatikan chord-tones di bawah ini:

C = C, E, G
Dm = D, F, A
Em = E, G, B
F = F, A, C
G = G, B, D
Am = A, C, E
Bdim = B, D, F

Nada-nadanya masuk dalam kelompok C Mayor.

Jadi, sakali lagi, kita jika ingin memainkan instrumen seperti gitar secara benar mutlak harus ngerti dan hafal tangga nada atau scale. Jarak nada ke nada yang lain jangan sampai lupa karena jarak itulah yang akan menentukan chord itu mayor, minor, dim, dominant, atau augmented. Baca tulisan mengenai Mempelajari Kord Gitar dengan Triad yang pernah diupload di web ini.

Dalam tulisan itu disebutkan bahwa Triad memiliki dua buah interval third yaitu interval antara root ke third dan interval third ke fifth. Hanya ada 4 triad berbeda yaitu Mayor Triad, Minor Triad, Augmented Triad dan Diminished Triad.

Sederhananya formula triad bisa digambarkan seperti di bawah ini:


CM = C(root) – E(M3) – G(P5)
Cm = C(root) – Eb(m3) – G(P5)
Caug = C(root) – E(M3) – G#(#5)
Cdim = C(root) – Eb(m3) – Gb(b5)

Formula tersebut berlaku untuk nada dasar yang lain.

Nah, ketika Anda ingin memainkan sebuah lagu tinggal lihat nada dasarnya, formula chord progression-nya pasti seperti ini I–II-III-IV–V-VI-VII. Angka-angka romawi tersebut tinggal ganti dengan nada-nada yang akan dimainkan. Misalkan nada dasarnya G maka chord progression-nya adalah G Am Bm C D Em f#dim G.

Kalau ada yang bertanya mengapa ada F#, penjelasannya bisa dibaca di Tangga Nada Gitar untuk Mempermudah Menghafal Chord di laman ini. Sederhananya mengapa muncul nada F# karena nada E ke F berdasarkan tangga nada mayor jaraknya harus satu maka nada F harus dinaikkan setangah nada. Berarti F# ke G menjadi setengah nada sesuai formula tangga nada mayor yakni 1 1 1/2 1 1 1 1/2.


Family Chords dalam nada dasar

Kita bisa mencobanya satu-satu.

DO=C -> C Dm Em F G Am Bdim
DO=D -> D Em F#m G A Bm C#dim
DO=E -> E F#m G#m A B C#m D#dim
DO=F -> F Gm Am Bb C Dm Edim
DO=G -> G Am Bm C D Em F#dim
DO=A -> A Bm C#m D E F#m G#dim
DO=B -> B C#m D#m E F# G#m Bbdim

Diharapkan setelah menyimak tulisan chord progression yang baru belajar gitar atau yang ingin menambah-nambah ilmu bisa memprkatekannya dalam sebuah lagu. Sudah tahu kan apa itu family chord dan pengertian. Semoga teori belajar diatas dapat membantu anda dalam belajar gitar.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

12 komentar

Write komentar
Unknown
AUTHOR
March 26, 2017 at 1:39 AM delete

Maaf saya mau tanya min, jika kasusnya Dm C Bb A, chord tsb ada di nada dasar apa?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
March 26, 2017 at 1:40 AM delete

Maaf saya mau tanya min, jika kasusnya Dm C Bb A, chord tsb ada di nada dasar apa?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
October 22, 2020 at 4:15 PM delete

mantao guru mudah di pahami
Trimakasih saya jadi ngerti tentang seluk beluk family cord guitarπŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ˜€

Reply
avatar
jalil
AUTHOR
November 1, 2020 at 2:29 AM delete

Nada dasar B nya mana?.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
August 20, 2021 at 9:35 PM delete

Kan udah ditulis di atas bro..
Family chord A yakni Do=A

Reply
avatar
risty
AUTHOR
January 28, 2022 at 2:40 AM delete

apa nada dasar adalah chord awal lagu?
biasanya ada chord awalan Am
apakah ada nada dasar am?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
September 19, 2022 at 12:02 AM delete

Itu A nya di sebut dominant chord

Reply
avatar