Wednesday, February 8, 2017

Sejarah Bass Gitar Lengkap

Sejarah Bass - Bass gitar adalah sebuah alat musik yang biasa disebut bass elektrik, atau disebut bass saja. Kontruksi bass gitar nyaris sama dengan gitar elektrik. Namun bass memiliki leher yang panjang dan lebar. bass biasanya memiliki empat string,  lima, enam, dan delapan string. Pada umumnya bass yang sering dipakai adalah bass empat string, yang memiliki oktaf lebih rendah, dan bernada E, A, D, dan G.

bass digunakan dalam berbagai genre musik seperti  rock, metal, pop, punk rock, country, reggae, Injil, blues, dan jazz. bass juga bisa menjadi instrumen untuk bermain solo seperti dalam musik jazz, fusion, latin, funk, dan dalam beberapa music rock dan metal.

bass modern muncul pada 1930. Kala itu seorang musisi Paul Tutmarc dari Seattle, Washington, mengembangkan bass listrik yang bisa digunakan secara horizontal. Dan bisa digendong pundak bassis. Tadinya bass digunakan secara vertical.

Pada 1935 perusahaan elektronik alat musik Tutmarc, Audiovox, menawarkan bass Model 736 basss Fiddle, empat senar, berbodi solid, dan memiliki skala fret 30,5 inci. Perubahan bentuk menjadi seperti gitar membuat instrumen ini lebih mudah untuk menyimpan, dan membawanya. Penambahan fret yang dilakukan juga menambah keluwesan bagi penggunanya. Dalam periode ini 100 bass diluncurkan.

sejarah bass gitar
Sekitar 1947, anak Tutmarc, Bud, mulai memasarkan instrument bass bermerek Serenader. Pemasaran tersebut dibantu oleh iklan di L.D. Heater Co, sebuah perusahaan distributor nasional. Namun sayang itu tidak berhasil, dan usaha keluarga Tutmarc gagal dalam segi pemasaran.

Pada 1950, Leo Fender, dibantu karyawannya bernarma George Fullerton mengembangkan bass elektrik, dan memproduksinya secara massal. Nama bass tersebut adalah Fender Precision basss, dan mulai diperkenalkan pada 1951. bass elektrik itu menjadi standard dalam industri pembuatan bass elektrik.

Precision basss (P-basss) terus berevolusi dari yang sederhana, dengan mirip dengan Telecaster berpickup single coil, hingga yang  berbentuk bevel yang memberi kenyamanan pada pemakainya dengan tetap menggunakan satu coil pickup.  Split pickup mulai diperkenalkan pada 1957, yang meniru dua pickup mandolin. Saat itu Fender memang tengah memasarkan mandolin elektrik empat string. Fender basss adalah instrumen musik baru yang revolusioner. bass buatan Fender ini bisa dimainkan secara mudah, mudah diangkut saat pentas, dan soundnya bisa keluar sekeras mungkin.

Monk Montgomery adalah pemain bass pertama yang saat turnya menggunakan bass Fender. Saat konsernya Montgomery bareng big band Lionel Hampton pascaperang.  Roy Johnson, dan Shifty Henry dengan Louis Jordan & His Tympany Five, adalah perintis basss Fender lainnya.  Bill Black, bass band lvis Presley, mengadopsi Fender Precision bass sekitar tahun 1957.

perkembangan bass gitar
Pabrikan gitar lainnya Gibson merilis untuk pertama kalinya bass elektrik berbentuk biola yang bisa dimainkan secara horizontal maupun vertical pada 1953. Pada 1958 Gibson meluncurkan bass elektrik yang diberi nama EB-1. Produksi EB-1 yang sempat terhenti dilanjutkan kembali pada 1970. Gibson terus berinovasi dengan mengeluarkan model-model baru bass elektrik. Pada 1958 Gibson merilis bass maple top yang melengkung dan diberi nama EB-2.

Bodi bass biasanya terbuat dari kayu, namun ada juga yang menggunkan bahan grafit seperti bass desain Steinberger. Garfit adalah bahan untuk pembuatan pinsil, baterai kering, bahan pencampur pelumas, cat, bahan pembuat sikat dinamo, elektroda untuk galvaninsasi, bahan pembuatan sepatu rem kendaraan dan dalam industri peleburan baja. Adapun Kayu yang cocok untuk digunakan dalam pembuatan bass adalah alder untuk tubuh, maple untuk leher, dan rosewood untuk fretboard. Termasuk juga jayu mahoni, abu, kenari, dan poplar juga sering digunakan.


bass didesain lebih indah dengan tambahan pernis, lilin dan minyak, desain datar dan ukiran. Bahkan Luthier memproduksi bass tanpa kepala, yang memiliki jembatan  mesin tuning  instrumen. Desain tersebut bisa terlihat dalam bass hasil desai  Steinberger dan Hohner.

Demikian sekilas mengenai sejarah gitar bass dan perkembangan bass di dunia. Perkembangan bass semakin ke sini semakin banyak perubahan bentuknya. Tapi tetap bass adalah bass yang sangat diperlukan dalam genre music apapun. Instrumen bass sampai saat ini masih bisa bertahan meski music elektronik perkembangannya semakin pesat. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda. Sekian dari mychordda dan terima kasih.

Artikel Terkait

Sejarah Bass Gitar Lengkap
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email