Gitar Kecil itu Bernama Ukulele

Unknown 3:09:00 AM
Gitar Ukulele - Gitar kecil sekarang sedang booming, banyak orang yang menggunakannya karena mudah dibawa ke mana-mana, saat santai, piknik, dan saat jalan-jalan. Benda kecil yang bersenar 4 itu sebenarnya punya nama sendiri yakni ukulele (dibaca oo-koo-lay-lay) . Gitar kecil ini awal diperkenalkan di Hawaii, sebuah negara bagian Amerika Serikat di Pacific.

Ukulele sudah menjadi merek buat music tradisional Hawaii. Sebuah ukulele, dan pakaian tradisional Hawaii dengan tarian hula-hula, selalu melengkapi music dari kepualauan yang beribu kota Honolulu ini. Sebuah pertunjukan music tanpa ukulele, atau tanpa tarian hula-hula, belum bisa disebut music dari Hawaii.

Ukulele memang identik dengan Hawaii, tapi sebetulnya gitar kecil ini mulai diperkenalkan oleh orang Portugal.  Menurut catatan laman Wikipedia, Ukulele ditemukan di Hawaii pada 1879. Alat music ini dibawa ke kepualauan Pacific oleh imigran Portugis dari Madeira (Azores) yang melakukan perjalan melewati Afrika Selatan kemudian ke Hawaii pada 878 hingga 1913.

apa itu ukulele
Dalam rombongan yang berjumlah 20.000 orang itu, ada seorang yang membawa gitar kecil yang bernama Joao Fernandez, pada tahun 1879. Gitar kecil itu disebut Braginho karena pertama kali diproduksi di sebuah provinsi di Portugal yang bernama Braga.

Ukulele terus berkembang. Dengan cepat pula Ali’i  termasuk Raja Kalakaua, Ratu Emma, ​​dan Ratu masa depan Liliuokalani memerintahkan menggelar sebuah pertunjukan, dan dalam waktu singkat semua orang  Hawaii jatuh cinta pada alat musik baru ini.

Pada awal 1900-an pasar ukulele mulai terbuka. Pertama kali orang Hawaii  membuat ukulele untuk dijual adalah seorang pembuat furnitur yang membatalkan usaha mebelnya, dan beralih membuat ukulele. Saat itu harganya $ 5, dan disambut baik oleh orang Hawaii.

Orang-orang daratan Amerika Serikat rupanya tak mau ketinggalan untuk membuat si gitar mungil ini.  Prdouksi besar-besaran yang dilakukan mereka mematikan pengusaha ukulele di Hawaii.  Para pengusaha daratan itu menjual ukulele dengan iklan menjual keeksotisan Hawaii seperti malam bulan purnama, dan asmara di pulau-pulau.

Ketua Komite Promosi Hawaii pernah melayangkan protes ke toko musik di San Francisco, California. Mereka mendapat surat balasan yang mengatakan bahwa Hawaii tidak boleh mengeluh, karena karena perusahaan di daratan bisa membuat ukulele lebih baik.

gitar ukulele
Kayu yang digunakan untuk membuat ukulele adalah kayu pohon Koa. Selain itu bisa menggunakan kayu Mahoni, Mangga, Kamani, Milo, Kulawood, dan masih banyak jenis kayu lainnya. Ukuran/model ukulele terdiri dari Model soprano (standard) berukuran 33 cm, model concert berukuran 38 cm, model tenor berukuran 43 cm, dan model baritone berkuran 48 cm.

Ukelele masuk ke Indonesia  melalui Palau Ambon, mampir ke Makassar, dan akhirnya menjadi alat utama musik Keroncong di Kampung Toegoe (Cilincing, Jakarta Utara). Ukulele menjadi alat music utama dalam music keroncong karena suaranya yang terdengat  crong, crong, crong. Musik asli Indonesia tersebut mulai disebut keroncong sejak 1880.

Pemain profesional ukulele berkelas dunia adalah  Lyle Ritz, Led Kaapana, Herb Ohta, Chino Montero, Troy Fernandez, Ben Chong, Peter Moon, Byron Yasui, Andy Sexton, BB Shawn, Moe Keale, Tracey Terada, Jake Shimobokura, dan banyak lagi. Mereka telah membuktikan ukulele adalah instrument music berdawai yang bisa disejajarkan dengan alat music berdawai lainnya, seperti gitar atau biola.


Hebatnya ukulele tidak hanya bisa digunakan untuk music Hawaii, atau keroncong. Ukulele bila dimainkan oleh pemain-pemain professional bisa menjadi instrument music yang power full. Ukulele bisa digunakan untuk jenis music apapun, termasuk jenis music Jazz seperti yang dilakukan oleh Lyle Ritz.

Jika Anda benar-benar mempelajari ukulele, ukele bisa saja digunakan dalam komposisi jenik music apapun, seperti jazz, rock, reggae, dangdut, atau apapun. Kalau tidak percaya Anda bisa membuka laman laman http://ukuleleunderground.com. Di laman tersebut banyak komposisi lagu-lagu rock yang dimainkan oleh jagoan-jagoan pemain ukulele.

Semoga artikel tentang gitar kecil ukulele diatas dapat menambah wawasan anda dalam bermain gitar. Ukulele memang sedang trend saat ini karena suaranya yang sangat enak untuk pelengkap musik jazz atau lainnya. Sekian informasik ukulele dari mychordda dan terima kasih. Jangan lupa share ke temen kamu ya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »