Wednesday, February 1, 2017

Belajar Tabulatur Untuk Tab Lagu Indonesia

Belajar Tabulatur - Tab lagu Indo (Indoensia) banyak bertebaran di dunia maya, tapi kita bingung bagaimana cara membacanya. Malah kita sangat malas untuk mempelajari.  Itulah memang saat-saat yang membosankan dalam berlatih gitar.

Belajar teori musik, dan belajar tabulator (tab) gitar adalah hal yang membosankan. Tetapi jika Anda ingin menjadi pemain gitar yang professional tahap ini harus dilalui. Anda bisa saja menjadi gitaris yang handal dengan mengandalkan felling, penglihatan, dan ketrampilan, namun dengan tambahan mempelajari teori, kepiawaian bermain gitar Anda akan semakin terasah.

Kenapa Anda harus pandai membaca tabulator karena ini adalah alat untuk mempermudah kita membaca lag-lagu si  komposer untuk memainkan lagunya.  Tabulator adalah petunjuk bagi jari Anda untuk memainkan sebuah not lagu itu. JIka Anda sudah terbiasa membaca tabulatur berarti Anda akan bisa memainkan lagu apapun dengan membaca tab-nya. jika Anda menulis lagu, Anda bisa menuliskan not-notnya pada bentuk Tab, selain tentu saja ke dalam not balok.

cara membaca tab gitar lagu 
Sebaiknya kita mengenal dulu apa itu tabulator. Tablature umum digunakan untuk instrumen senar seperti  kecapi, harpa, vihuela (alat music Meksiko), atau gitar. Tablature biasa digunkan untuk semua genre, seperti rock, pop, folk, ragtime, bluegrass, dan blues.

Dalam laman Wikipedia disebutkan ada tiga  tablature yang bisa digunakan oleh pemusik di Eropa, yakni tab di  Jerman, tab di Spanyol, dan tab di Italia. Tab untuk harpa biasanya menggunakan tab di Spanyol, dan Wales.

Kata tablature berasal dari kata Latin tabulatura. Tabula artinya  meja atau batu tulis. Sedangkan tabulasi  artinya memasukkannya ke dalam tabel atau grafik.

Tab itu terdiri dari enam garis untuk menggambarkan enam senar pada gitar. Untuk tab bas garis-garisnya hanya empat sesuai senar bas yang biasanya hanya terdiri dari 4 senar. Garis-garis itu untuk menyimpan not-not yang bisa dimainkan ke dalam sebuah gitar.

Urutannya seperti di bawah ini:

E—————————————————————-
B—————————————————————-
G—————————————————————-
D—————————————————————-
A—————————————————————-
E—————————————————————-

Untuk senar paling atas menunjukkan not E tinggi, sedangkan garis paling bawah menunjukkan E rendah. Huruf E, B, G, D, A, E adalah penunjuk not jika fret sama sekali tidak dipijit jari. Dalam Tab, jika fret tidak dipijat simbolnya adalah 0.

Contohnya adalah:

E—————————————————————-
B—————————————————————-
G—————————————————————-
D—————————————————————-
A—————————————————————-
E—0————————————————————-

Selanjutnya angka-angka seperti 1, 2, 3, 4 dan seterusnya, itu  menunjukkan fret mana yang harus dipijat. Angka 1, berarti fret 1 yang harus dipijat. Angka 2, berarti fret 2 yang harus dipijat, begitu seterusnya.

E—————————————————————-
B—————————————————————-
G—————————————————————-
D—————————————————————-
A—————————————————————-
E—0—1—2—3—4—————————————-

Contoh pada gambar  di atas berarti fret kosong, fret 1, fret 2, fret 3, dan fret 4 yang harus dipijat. Sedangkan senarnya adalah senar E rendah, atau jika di gitar Anda berarti senar paling atas.

Nah, sekarang bagaimana grafis Chord dalam Tab. Dalam tulisan sebelumnya berjudul Dasar Dasar Main Gitar disebutkan chord itu nada yang dibunyikan dalam senar secara bersaman yang merupakan gabungan dari dua nada atau lebih.  Nada-nada yang diambil adalah nada 1 (Do), nada 3 (Mi) dan nada ke 5 (Sol) untuk chord mayor. Adapun untuk minor hanya beda pada nada ke- 3 (Mi) yang lebih rendah 1 tangga nada.

Contoh di bawah ini chord  G:

E—-3————————————————————
B—-3————————————————————
G—-4————————————————————
D—-5————————————————————
A—-5————————————————————
E—-3————————————————————

Dalam Tab jika nada harus dibunyikan secara bersama letak angka-angka harus sejajar dari senar atas ke senar bawah, atau sebaliknya dari bawah ke atas.

Atau bisa juga ditulis seperti di bawah ini:

E——–3——————————————————–
B——-3———————————————————
G——4———————————————————-
D—–5———————————————————–
A—-5————————————————————
E—3————————————————————-

Masih ada contoh penulisan chord dalam Tab. Setiap angka ditulis dengan spasi. Jika menemukan gambar seperti itu berarti, chord tersebut harus dipetik bukan dibunyikan secara bersamaan. Contohnya seperti di bawah ini.

E——————3———————————————-
B—————3—–3——————————————–
G————4———–4—————————————–
D———5—————–5————————————–
A——5———————–5———————————-
E—3—————————–3——————————–

Selain angka dan garis masig ada simbol-simbol yang Anda ketahui, yakni:
h – hammer on
p – pull off
b – bend string up
r – lepas bend
/ – geser ke atas
\ – geser ke bawah
v – vibrato (kadang dituliskan ~)
t – tap dengan tangan kanan
x – mainkan ‘note’ dengan damping yang berat

Demikian sekelumit dasar membaca Tab. Jika Anda ingin mencobanya Anda harus mencari Tab lagu yang Anda sukai. Tab lagu Indo (Indonesia) juga sekarang sudah banyak. Ini untuk mempermudah proses belajar membaca Tab tadi. Coba dengarkan lagunya kemudian ambil gitar, kemudian  baca Tabnya. Mudah-mudahan dengan cara ini bisa mempermudah Anda menjadi gitaris professional. 

Demikian penjelasan mengenai cara belajar tabulatur. Cara membaca tab diatas berguna untuk membaca tabulatur di lagu Indonesia. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda dan menambah wawasan anda dalam bermain gitar. Sekian dari kami dan terima kasih.

Artikel Terkait

Belajar Tabulatur Untuk Tab Lagu Indonesia
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email