Wednesday, February 8, 2017

Tips Memilih Senar Gitar Akustik Yang Tepat

Memilih Senar Gitar - Jenis bahan  senar gitar ada dua, yakni senar string yang terbuat dari kawat,  dan senar nilon. Keduanya bisa digunakan di gitar akustik. Tinggal yang mana yang biasa kita gunakan. Ada yang bilang kalau mengunakan senar string itu jari-jari tangan bisa sakit. Tapi ada juga yang bilang senar nilon itu bunyinya kurang keluar. Mau mengunakan yang mana? Yang  string, atau yang nilon, itu semua tergantung pada kebiasan, dan gitarnya apa yang Anda pakai.

Senar nilon memang tidak bisa digunakan untuk gitar akustik biasa. Biasanya gitar nilon digunakan untuk gitar klasik dan gitar flamenco. Sedangkan senar string biasanya digunakan pada gitar akustik biasa, atau gitar folk. Senar string juga biasa digunakan untuk gitar yang 12 senar.

tips memilih senar gitar
Ada beberapa merek senar yang biasanya digunakan para gitaris, yakni  D’Addario,   Martin,    Elixir, dan  Ernie Ball. Nama-nama di atas memang sudah beken di kalangan para gitaris dunia. Banyak alasan kenapa para musisi menggunakan mereka-mereka di atas, selain tentunya saja mutunya, suara yang dihasilkan senar-senar tersebut jadi pertimbangan.

Namun, sebelum membelinya mari kita ulas sedikit tips membeli senar akustik yang mudah-mudahan bermanfaat. Kalau Anda memutuskan membeli senar bermerek D’Addario tidak harus berepot memilih-milih senar yang akan digunakan. Di situs www.daddario.com ada fitur bagaimana cara memilih senar yang cocok dengan gitar kita.

Di halaman acoustic strings laman tersebut Anda tinggal menggeser slider ke arah bright atau mellow yang ada di fitur tersebut. Perlu dijelaskan bright itu warna suara cempreng, freq harmonic dominan di freq tinggi, mellow  itu adalah warna suara yang lebih ngebass biasanya freq harmonic banyak terkandung di mid freq hingga loq freq, dan brilliance adalah warna suara di tengah-tengah di antara bright dan mellow.

Jika kita menggesar-geser slider tersebut di atasnya ada gambar jenis senar keluaran D’Addario yang cocok dengan gitar Anda. Anda juga bisa memilih senar yang berlapiskan pelindung, atau tidak. Semuanya tersedia, kita tinggal mengklik, atau menggeser slider tersebut.

Slider tersebut menunjukkan bahan yang digunakan untuk senar. Bahan tersebut tidak semuanya cocok untuk jenis gitar karena tergantung pemakainya, dan kadang mempengaruhi juga pada jenis  musik apa yang dimainkan.

Jenis bahan senar ada yang berbahan 80/20 Bronze. Senar dari bahan tersebut paling banyak digunakan oleh gitaris. Senar ini lebih bright, cocok untuk strum,  dan untuk lagu-lagu yang ceria. Kemudian senar juga ada yang terbuat dari bahan phosphor bronze.  Senar ini cocok untuk brilliance, dan bisanya digunakan oleh gitaris solo yang biasa memetik atau tapping.

Senar juga ada yang tersebut dari bahan silk steel. Bahan ini cocok untuk warna suara mellow, yang cenderung disukai oleh musisi yang biasa membawakan lagu-lagu jazz. Sedangkan senar berbahan flat tops biasa dipakai untuk lagu yang lembut.

Selain dari bahan suara senar gitar dipengaruhi oleh ukuran senar, yakni senar besar, sedang, dan kecil.  Senar yang besar biasanya bunyinya lebih keras, dan sustain. Tapi sebetulnya besar kecilnya senar tergantung pada kebiasaan kita. Jika kita biasa menggunakan senar yang besar maka gunakanlah senar yang berukuran besar, tapi jika terbiasa menggunakan senar yang berukuran sedang atau kecil gunakanlah senar berukuran sedang atau kecil.

Dalam bungkus senar terutama buatan D’addario ada petunjuk ukuran tension senar, misalnya EJ44 Ektra Hard Tension. Tension sendiri dalam Bahasa Indonesia berarti ketegangan. Jika kita mau membuka situs D’addario di sana tercantum tension dari jenis senar mulai dari senar yang pertama hingga senar keenam, yang ternyata memiliki ukuran yang berbeda-beda.

tips memilih senar gitar akustik

Penjelasan di atas adalah sedikit perkenalan pada senar yang harus digunakan untuk gitar akustik. Untuk lebih bagusnya sebaiknya Anda mencoba satu persatu senar-senar yang ada hingga Anda benar-benar merasakan cocok menggunakan senar tersebut. Jangan dilupakan juga, senar tersebut harus cocok dengan gitar yang Anda biasa gunakan.

Sebagai seorang yang gemar bermain gitar, anda harus mengetahui tips memilih senar untuk gitar akustik anda. Karena kebutuhan anda akan menentukan jenis senar yang harus anda pakai. Semoga tips diatas dapat bermanfaat untuk anda dalam memilih senar-senar gitar yang cocok untuk selera anda. Sekian dari mychordda, jangan lupa share ke media sosial agar teman-teman anda mengetahui tips ini. Terima kasih.

Artikel Terkait

Tips Memilih Senar Gitar Akustik Yang Tepat
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email