Cara Menghafalkan Chord Gitar dengan Mudah

Unknown 11:55:00 PM
Menghafalkan Chord - Bagaimana menghafal semua chord gitar dalam sehari. Tentu sulit , dan tak mungkin kita bisa menghapal chord yang jumlahnya ratusan. Bahkan, mungkin gitaris nomor beken sedunia pun takkan mampu melakukan itu. Jadi lebih baik menghafalkan chord itu pelan-pelan, tapi pasti.

Bagaimana caranya? Di bawah ini beberapa tips untu menghafal chord gitar.  Selamat menyimak, dan mencobanya.


Yang pertama,  Anda harus punya buku chord. Buku ini untuk melihat, dan menghafalkan chord-chord yang ada. Buku chord mudah diperoleh, kalau tidak ada di toko musik, atau toko buku, Anda bisa mendownloadnya di internet. Pelajari, dan perhatikan baik-baik setiap posisi chord yang tercantum dalam buku tersebut. Buku ini harus ada di samping Anda jika Anda tengah menghafal beberapa chord. Fungsinya agara ketika lupa chord, Anda tidak lantas mencari-cari buku tersebut. Hal tersebut bisa membuyarkan konsentrasi Anda saat berlatih.

Yang kedua, Anda harus menyiapkan buku lirik, dan sekaligus chord lagu. Buku-buku ini bisa diperoleh di toko musik, atau bisa langsung mendownloanya di internet. Usahakan buku yang dicari adalah lirik dan chord-nya mendekati lagu sebenarnya, dengan nada dasar sama dengan lagu aslinya. Pelajari lagu tersebut, dan ikuti chord-chordnya.

Jangan terge-gesa, hafalkan satu per satu chordnya, hingga Anda hafal dan bisa memainkan lagu tersebut dengan tanpa melihat buku lagi. Dalam satu lagu itu jarang sekali yang menggunakan dua atau tiga chord, tapi biasanya lebih. Jadi lumayan Anda bisa langsung menghafalkan chord, sambil memainkan lagu kesayangan Anda.

Yang ketiga, jangan lupa sediakan lagu yang Anda akan mainkan. Anda bisa mendengarkannya lewat mp3 palyer, atau cd player, terserah Anda, yang penting Anda bisa mendengarkannya, dan jelas terdengar chord yang sedang dimainkan oleh band kesukaan Anda. Untuk itulah kenapa nada dasar dalam buku lirik dan chord, harus sama dengan lagu aslinya, agar mempermudah Anda mengikuti lagu tersebut.

Jika sekali putaran belum hafal juga, silakan Anda dengarkan lagi, kalau perlu berulang kali sehingga Anda benar-benar bisa memainkan lagu tersebut nyaris sama dengan aslinya. Cara ini selain efektif untuk menghafal chord, bisa juga untuk menghafal lirik. Ini nilai positif bagi Anda, karena bisa menyanyikan lagu itu sambil bermain gitar. Ini tentu kejutan buat teman-teman Anda.

Yang keempat adalah mencoba membuat sendiri diagram-diagram chord. Cobalah gambar chord-chord tersebut mulai dari yang termudah hingga yang tersulit. Terutama sekali ketika Anda meletakkan bulatan-bulatan dalam setiap fret. Anda harus paham di mana bulatan-bulatan tersebut disimpan. Misalnya untuk chord C Anda bisa menggambar diagramnya seperti  di bawah ini:

cara menghafal chord gitar

Gambar semua chord terutama chord-cord  yang sering digunakan Anda dalam bermain gitar, atau buat diagram chord dasar seperti A, B, C, D, E, F, G, Am, Bm, Dm, Em. Dengan menggambar diagram sendiri diharapkan bisa mengasah memori Anda untuk cepat menghafal chord-chord tersebut.

Setelah selesai menggambar diagram chord yang sebaiknya cukup besar agar terlihat dari jauh, tempel di tempat yang Anda sering lihat. Misalnya di dinding kamar, agar bisa terlihat ketika Anda baru terbangin, atau Anda hendak pergi tidur.

Sebetulnya ada sebuah alat untuk menghafal chord di mana pun Anda berada. Namanya pocket guitar string. Harganya termasuk mahal. Jadi Anda tidak disarankan untuk membelinya. Alat tersebut mungkin bisa Anda tiru dengan membuatnya dari triplek. Bikin triplek seperti stang gitar yang terdiri dari 4 sampai 5 fret. Stang gitar buatan tersebut bisa dibawa ke mana-mana, dan jika Anda ingin menghafal chord Anda bisa menggunakannya di mana saja.

Tips-tips tersebut bisa Anda praktekkan secara pelan-pelan. Jangan tergesa-gesa ingin cepat bisa. Belajar gitar memang butuh kesabaran, dan keuletan. Tanpa itu, mustahil seseorang akan bisa belajar gitar, kecuali mungkin bagi orang yang memiliki talenta yang kuat dalam bermain gitar. Tapi orang yang seperti itu sangat jarang, dan lebih baik Anda terus belajar, dan belajar, agar benar-benar menjadi gitaris yang handal.

Itulah tips-tips untuk menghafal chord. Semoga benar-benar gampang, dan Anda menyukainya. Sebagai referensi Anda juga bisa mencoba untuk menggunakan, atau membaca panduan belajr chord seperti Hal Leonard Pocket Guitar Chord Dictionary, Pocket Jamz Guitar Tabs Lite, dan eMedia Rock Guitar Method [Old Version].

Demikian cara menghafal chord gitar dan ingat belajar gitar tidak 1-2 hari bisa melainkan harus pelan-pelan. Step by step atau langkah per langkah. Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk kamu dalam belajar gitar dan terima kasih.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »