Tuesday, January 31, 2017

Mempelajari Akord Gitar dengan Triad

Akord Gitar Triad - Chord (akord akord gitar) seperti pernah dijelaskan dalam tulisan sebelumnya berjudul Dasar Dasar Main Gitar, merupakan tiga buah nada yang berbunyi secara bersamaan. Ketiga buah nada tersebut disebut triad nada. Triad nada merupakan kombinasi tiga nada yang terdiri dari root(1), third(3) dan fifth(5).

Triad memiliki dua buah interval third yaitu interval antara root ke third dan interval third ke fifth. Hanya ada 4 triad berbeda yaitu Mayor Triad, Minor Triad, Augmented Triad dan Diminished Triad.

Mayor Triad bernada dasar C  mencakup C (root)  – E(M3) – G(P5). Cara membacanya C(root)  berarti nada pertama dalam triad tersebut adalah c. Kemudian E(M3) beraarti nada keduanya adalah E mayor triad, dan G(P5) bisa dibaca nada keliamnya adalah G perfect fifth.

Minor triad  bernada dasar C  mencakup C (root)  – Eb(M3) – G(P5). Cara membacanya C(root) , berarti nada pertama dalam triad tersebut adalah C. Kemudian Eb(M3) berarti nada keduanya adalah Eb minor triad, dan G(P5) bisa dibaca nada ketigaya adalah G perfect fifth. Lihat perbedaan antara mayor triad dan minor triad, nada E di mayor triad menjadi Eb di minor triad. Nada E jika dimainkan di minor triad menjadi turun setengah.

Augmented Triad bernada dasar C  mencakup  C(root) – E(M3) – G#(#5). Cara membacanya C(root) , berarti nada pertama dalam triad tersebut adalah C. Kemudian E(M3) berarti nada keduanya adalah E mayor triad, dan G#(#5) bisa dibaca nada ketiganya  adalah G#. Lihat perbedaan antara mayor triad dan augmented triad, nada G di augmented triad menjadi G# di augmented  triad. Nada G jika dimainkan di augmented triad menjadi naik setengah.

Diminished Triad bernada dasar C  mencakup  C(root) – Eb(m3) – Gb(b5). Cara membacanya C(root) , berarti nada pertama dalam triad tersebut adalah C. Kemudian Eb(m3) berarti nada keduanya adalah E minor triad, nada E-nya turun setengah, dan Gb(b5) bisa dibaca nada ketiganya  adalah Gb. Lihat perbedaan antara mayor triad dan diminished triad, nada G di mayor triad menjadi Gb di diminished triad. Nada G jika dimainkan di diminished triad triad menjadi turun setengha  setengah.

Sederhananya formula triad bisa digambarkan seperti di bawah ini:

CM      = C(root) – E(M3) – G(P5)
Cm      = C(root) – Eb(m3) – G(P5)
Caug   = C(root) – E(M3) – G#(#5)
Cdim   = C(root) – Eb(m3) – Gb(b5)
Jika membaca teori dan formulasi di atas, mungkin kita akan mengernyitkan dahi. Tetapi jika kita memahami posisi nada keempat triad itu, bisa memudahkan dalam permainan chord yang jelimet sekalipun. Triad selain pondasi untuk pembuatan chord, juga merupakan dasar dari arpergio.

Arpeggio adalah membunyikan nada-nada chord tidak secara bersamaan, tapi satu persatu secara terus menerus. Arpergio berasal dari kata Italia  yakni arpeggiare yang berarti  bermain harpa. Penjelasan arpeggio akan dituntaskan pada artikel lainnya.

Membaca penjelasan mengenai triad tentu memusingkan bila selesai membaca tidak diakhiri dengan praktek. Praktek adalah kunci keberhasilan belajar bermain gitar. Sering berpraktek berarti kita akan cepat mahir bermain gitar.

Untuk mempermudah mari lihat dalam gambar berikut ini. Yang pertama kita lihat mayor triad pada nada dasar C. Angka 1 berarti  C(root), angka 2 berarti  E(M3), dan angka 3 berarti  G(P5).

mempelajari akord gitar dengan triad
Jika Anda ingin memainkan Cm (C Minor) berarti Anda tinggal menurunkan nada ketiga menjadi Eb. Begitu seterusnya sesuai yang telah dijelaskan di atas. Lalu bagaimana dengan nada dasar lainnya. Sama saja. Kita tinggal memindahkan nada dasarnya. Misalnya nada dasar A menjadi

AM      = A(root) – C#(M3) – E(P5)
Am      = A(root) – C(m3) – E(P5)
Aaug    = A(root) – C#(M3) – F(#5)
Adim    = A(root) – C(m3) – Eb(b5)
Cara untuk menentukan nada-nada tersebut tinggal berpatokan pada nada dasar diatonic. Secara keseluruhan tangga nada diatonic dalam nada dasar C adalah  C (do),  D (re),  E (mi),  F (fa),  G (so),  A (la),  B (ti),  C’ (do). Tangga nada diatonic memiliki jarak antarnada sebagai berikut 1, 1, ½, 1, 1,1, ½. Jadi jika menggunakan nada dasar lain tinggal sesuaikan dengan jarak antara nada ke nada lainnya.

Contoh chord dasar C Mayor, C-E-G, sedangkan contoh chord dasar C Minor C-D#-G. Begitu juga dengan nada-nada dasar lainnya, tinggal kita berpatokan pada tiga nada 1 (Do), nada 3 (Mi) dan nada ke 5 (Sol), dan tangga nada diatonic. Misalnya nada dasarnya A, maka A Mayor adalah A-C#-E, sedangkan A Minor adalah A-C-E.

Demikian pembahasan mengenai cara mempelajari akord gitar dengan triad. Semoga penjelasan belajar akord gitar diatas dapat bermanfaat untuk anda, Sekian dari kami dan terima kasih.

Artikel Terkait

Mempelajari Akord Gitar dengan Triad
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email