Sunday, January 22, 2017

Cara Belajar Chord Gitar dan Membacanya

Belajar Chord Gitar - Chord adalah nada yang biasanya lebih dari dua, dan dibunyikan secara bersama-sama. Sedangkan jika dibunyikan satu per satu nada-nada dalam chord tersebut disebut arpeggio. Itu berlaku untuk semua instrument, termasuk juga dalam gitar, orang sering menyebutnya chord gitar.
Secara umum gitar memiliki enam senar mulai dari nada terendah hingga yang tertinggi, yakni nada E A D G B E. Secara konvensional, string dengan pitch tertinggi (paling tipis) disebut string pertama, dan string yang memiliki pitch terendah disebut string keenam.

belajar chord gitar
Chord gitar  nadanya tidak harus berurutan, atau jumlahnya harus tiga. Nada-nadanya kadang sembarang berada di string (senar) yang mana, asal nadanya masih masuk dalam anggota chord yang bersangkutan.

Bentuk chord gitar tidak hanya satu, tapi bentuknya bisa berbagai variasi. Misalnya untuk chord C saja bisa mencapai 64 variasi. Variasi chord tergantung fret mana yang akan kita pijit. Begitu juga dengan chord-chord lain, jumlahnya bisa mencapai angka yang sama.

Chord terbentuk dari tiga nada atau lebih dalam sebuah tangga nada. Untuk langkah awal agar bisa mengetahui nanda-nada dalam chord kita harus tahu dulu tangga nada chord tersebut.

Tangga nada tersebut memiliki interval. Interval sendiri adalah jarak antara nada ke nada lain. Dalam skala mayor terdapat delapan nada, misalnya untuk C Mayor adalah disebutkan di atas yakni C D E F G A B C. Adapun skala interval antara nada yang berurutan dalam skala mayor adalah: 1, 1, 1/2, 1, 1, 1, 1/2. Skala interval itu berlaku untuk semua tangga nada mayor.

Dalam tulisan sebelumnya disebutkan bahwa chord itu ada dua jenis, yakni Mayor dan Minor. Nada-nadanya merupakan tangga nada diatonic, baik itu untuk mayor, maupun untuk minor. Untuk chord C Mayor, nada-nada yang diambil, atau yang harus dibunyikan adalah 1 (Do), nada 3 (Mi) dan nada ke 5 (Sol), atau C E dan G. Adapun untuk chord minor berbeda pada nada ke- 3 (Mi) yang harus lebih rendah 1 tangga nada.

Chord Gitar dan Triad

Telah disebutkan di atas chord adalah 3 nada yang dibunyikan secara bersamaan. Dalam teori music kelompok yang terdiri dari tiga nada itu disebut triad nada. Triad nada memiliki kombinasi tiga nada yang terdiri dari root(1), third(3) dan fifth(5).

Triad memiliki dua buah interval third yaitu interval antara root ke third dan interval third ke fifth. Kemudian hanya ada 4 triad dalam teori music yakni Mayor Triad, Minor Triad, Augmented Triad dan Diminished Triad.

Dalam fret gitar banyak sekali root, third, maupun fifth, makanya dalam gitar chord itu banyak sekali variasinya. Chord C misalnya di root c fret ketiga akan berbeda dengan chord C yang root-nya di fret ke-8. Begitu seterusnya, tiap root akan memiliki variasi chord yang berbeda-beda.

Bagaimana dengan Triad Minor? Formulanya hampir sama dengan Triad Mayor hanya ada perbedaan pada third. Triad Minor mencakup root- Eb(M3) – G(P5). Lihat perbedaan antara mayor triad dan minor triad, nada E di mayor triad menjadi Eb di minor triad. Nada E jika dimainkan di minor triad menjadi turun setengah.

Mengapa Harus Belajar Chord Gitar

Mengapa kita harus belajar chord, ya karena chord adalah kunci untuk bisa mengiringi sebuah lagu. Tanpa ada chord tidak akan ada lagu-lagu yang indah dalam kehidupan kita sehari-hari. Jadi sebenarnya chord dan nada itulah yang membuat lagu-lagu itu menjadi terdengar enak di telinga.

Setelah kita mengetahui asal usul datanganya chord, mari kita coba mengupas bagaimana chord itu digunakan. Dalam sebuah lagu tidak semua chord bisa digunakan. Chord tergantung pada tangga nada yang digunakan. Misalnya untuk tangga nada C maka chord-chord dalam tangga nada C lah yang akan digunakan.

Formula untuk C mayor adalah C, F mayor dan G mayor. Untuk chord minornya adalah D minor (Dm), E minor (Em), dan A minor (Am). Sedangkan untuk chord diminished adalah Bdim.

Formula tersebut bisa dipelajari dengan mencari triad dalam tangga nada C Mayor. Adapun tangga nada C Mayor adalah C–D–E–F–G–A–B–C dengan skala interval 1-1-1/2-1-1-1-1/2.

Demikian cara belajar chord gitar dengan baik dan benar. Setelah mengtehaui teorinya, silahkan kamu praktekkan. Selamat mencoba dan semoga beruntung.

Artikel Terkait

Cara Belajar Chord Gitar dan Membacanya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email