Cara Bermain Gitar Melodi dengan Mudah

Unknown 2:25:00 AM
Cara Main Melodi - Cara main gitar melodi itu ada itu teknik tersendiri. Dalam tulisan ini kita tidak akan membatasi teknik bermain guitar untuk segala genre musik. Setelah kita paham, dan piawan teknik-teknik yang akan dijelaskan di bawah ini, kita akan berlanjut belajar cara bermain gitar melodi untuk musik yang lebih spesifik.

Teknik Picking

teknik picking dalam bermain gitar

Salah satu cara main gitar melodi ada yang disebut teknik picking. Teknik adalah teknik memetik senar menggunakan alat yang disebut pick. Pick adalah alat yang dipegang biasanya diapit jari telunjuk  dan jempol. Alat ini terbuat dari plastic, nilon, karet, atau bahakan ada yang terbuat dari batu.

Tangan kanan Anda (jika Anda tidak kidal) akan terasa kaku ketika pertama kali menggunakan pick saat memetik. Tetapi lambat laun akan terbiasa karena Anda sering berlatih menggunakan alat tersebut. Pick sudah lajim digunakan lead guitar, yang harus bermain melodi.

Beberapa teknik picking:

Up-stroke picking adalah teknik memetik senar ke arah atas. Dalam tablature biasa disimbolkan dengan gambar V
Down-stroke Picking adalah teknik memetik senar ke bawah. Dalam tablature dinotasikan berbentuk ^
Arternate Picking/Tremolo Picking adalah teknik gabungan  upstroke picking dan downstroke picking.
Economic Picking adalah variasi picking. Biasanya digunakan untuk permainan permainan solo cepat. Teknik economic adalah membunyikan 2 nada pada 2 senar dalam satu petikan.
Circle Picking adalah teknik picking yang tidak jauh berbeda dengan teknik economic.
Sweep Picking adalah teknik beberapa senar sekaligus, ke atas ke bawah berdasarkan nada-nada arpeggio.
Harmonic Picking teknik picking untuk mencari nada harmonic.


Strumming

Cara main gitar melodi  lainnya ada teknik strumming adalah teknik memetik dua atau enam senar secara bersama-sama. Strumming atau teknik memetik ini bisa hanya dengan jari atau sebuah alat yang disebut pick atau plectrum atau plectron.

Seperti teknik picking, strumming terdiri dari dua cara yaitu  downstroke (memetik gitar dari atas ke bawah) dan upstroke (memetik gitar dari bawah ke atas).

teknik strumming dalam bermain gitar

Simbol strumming dalam tabulatur gitar adalah sebagai berikut:

  :  downstroke
                : upstroke

Teknik strumming dalam setiap genre music berbeda. Strumming music dangdut akan sangat berbeda dengan lagu pop, atau dengan lagu rock. Masing-masing memiliki ciri khas. Anda bisa membedakannya dengan car mendengar lagu yang dibawakan. Anda juga bisa mengikuti cara bermainnya dengan mendengarkan dan mengikutinya. Teknik strumming harus terus dilatih agar Anda menjadi gitaris yang piawai.

Hammer On 

Tehnik Hammer on adalah tehnik membunyikan dua nada dalam jarak waktu yang pendek. Caranya dengan menekan nada awal, dan kemudian menekan nada yang akan dimainkan. Biasanya nada harus lebih tinggi daripada nada pertama.

teknik hammer on dalam belajar gitar
Dalam teknik Hammer On kita kenal juga teknik pull off. Teknik pull off adalah teknik menekan nada awal, kemudian membunyikan nada kedua, sambil bersamaan melepaskan jari di nada pertama.

Cara main gitar melodi Ala Edie van Hallen

Tapping

Cara main gitar melodiCara main gitar melodi yang ini adalah teknik guitar yang dipopulerkan oleh gitaris Van Hallen, Edie Van Hallen. Teknik  sangat popular berbarangan dengan kepopuleran band asal Belanda tersebut. Teknik ini menjadi teknik yang wajib dipelajari oleh gitaris rock hingga kini.

teknik tapping dalam bermain gitar
Teknik Tapping pada dasarnya sama dengan hammer on. Perbedaannya adalah dalam teknik tapping kedua jari kanan dan kiri harus sama-sama melakukan teknik hammer on.
Sumber gambar: Wikipedia

Bending

teknik bending dalam permainan gitar
Cara main gitar melodi menggunakan teknik ini biasa digunakan para musisi blues, dan terus berkembang akhirnya digunakan juga oleh gitaris rock. Teknik bending adalah menaikkan nada dengan mengangkat atau menarik senar yang kita petik. Teknik ini nyaris sama dengan teknik slide untuk mendapatkan efek suara yang tinggi. Namun bukan diangkat tapi menggeser jari.

Tremolo

teknik menggunakan tremolo

Ini teknik yang paling sering digunakan gitaris rock. Permainan tremolo sering kali menimbulkan efek suara yang aneh, seperti ringkikan kuda. Untuk melakukan teknik ini gitar yang kita gunakan harus memiliki alat bantu handle. Handle yang dipasang di Bridge & Stop Tailpiece guitar jika diangkat menaikkan satu oktaf nada., sebaliknya bisa juga menjadikan nada turun.

Itulah beberapa cara bermain melodi dalam bermain gitar. Tentukan teknik main melodi kamu dalam bermain gitar. Semoga teknik-teknik diatas dapat bermanfaat untuk anda dalam belajar bermain gitar. Sekian dari kami dan terima kasih.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »