Tips Membeli Gitar Berkualitas

Unknown 1:14:00 AM
Tips Beli Gitar - Ini adalah tips membeli gitar. Yang pertama yang menjadi pertanyaan  adalah berapakah harga gitar yang sebenarnya? Tidak ada yang bisa memastikan karena harga gitar bervariasi. Ada yang harganya puluhan juta, ratusan juta rupiah, tapi ada juga yang harganya hanya seratus sampai dua ratus ribuan.

Bagi yang membutuhkan gitar sebetulnya tinggal pilih dan menentukan gitar yang berharga berapa yang akan dibeli. Sesuaikan dengan kocek dan kebutuhan. Apakah gitar tersebut akan digunakan hanya untuk bermain gitar saja, atau untuk serius menjadi pemusik yang terkenal.

tips membeli gitar

Untuk mencari gitar yang sesuai denga kebutuhan tidak lah sulit. Toko-toko musik sekarang banyak sekali yang menjajakkan gitar, baik yang harganya murah, atau mahal. Dari gitar yang bermerk terkenal, atau merek yang baru muncul.

Jika tidak mau ke toko musik, silakan buka internet. Tinggal buka serch engine kemudian masukkan keyword harga gitar maka akan muncul harga gitar dan jenis gitar yang tentu saja akan banyak pilihan. Tinggal buka situs yang memberikan informasi terlengkap, dan tentu saja benar.

Kalau sudah siap dengan uang, dan telah menetapkan pilihan, tinggal langsung berbelanja lewat online. Sekarang memang sangat memungkinkan untuk melakukannya. Bisa lewat situs merek gitar tersebut, atau di online shop terkenal seperti di amazon.com, atau yang lainnya.

Tips Membeli Gitar ini Patut Dicoba

Ada beberapa tips membeli gitar  yang bisa dicoba untuk memilih gitar, yang pertama adalah sesuaikan kadaaan keuangan dengan gitar yang akan dibeli. Ini penting agar bisa memilih merek gitar apa yang akan dibeli, gitar itu banyak jenis, dan harganya sangat bervariasi.

Tips membeli gitar selanjutnya, setelah menentukan merek dan keuangan cocok dengan gitar yang akan dibeli, jangan lupa lihat bentuknya. Ini penting agar bentuk gitar yang dibeli seusai dengan keinginan. Bentuk gitar itu banyak macamnya. Ada yang kecil, besar, bahkan ada gitar yang badannya berbentuk bintang. Pastikan bentuk gitar yang akan dibeli memang disukai.

Jika sudah menemukan bentuk yang disukai silakan pegang, apakah benar-benar nyaman gitar tersebut setelah dipegang. Pegang neck-nya. Kemudian coba, apakah tidak merasa terganggu dengan desain gitar tersebut. Apabila terasa nyaman saat dipegang berarti gitar ini sangat cocok, dan masuk dalam kriteria untuk dipilih.

body gitar salah satu yang harus kamu perhatikan
Tips membeli gitar lainnya, pegang juga bodinya. Apakah ada cacat atau tidak. Saat melihat bodi ini harus teliti karena jika cacat gitar tidak akan mengeluarkan suara yang dikehendaki. Jangan ragu untuk menanyakan pada pelayan toko yang menjual gitar itu, apakah bodinya masih mulus atau tidak, meski bodi gitar itu telah dilihat dan dirasakan dengan tangan.

Setelah bodi dan neck dilihat dan diraba, sekarang giliran membunyikan senarnya. Dengarkan suaranya dengan seksama apakah bagus atau tidak. Cempreng atau tidak. Kualitas suara gitar bisa tergantung pada bodinya cacat atau tidak, neck-nya yang lurus atau tidak, atau memang senarnya yang sudah harus diganti.

Bisa juga memeriksa fret-fret yang ada pada neck. Lihat ada yang retak, atau ada tidak fret yang tidak rata. Fret sangat vital dalam sebuah gitar. Jadi sebelum memutuskan untuk membelinya periksalah fret itu , kalau perlu satu-satu. Jika fret ini rusak atau tidak rata akan sulit untuk membetulkannya karena memang pabrikan gitar telah memiliki ukuran tersendiri untuk fret-fret ini agar gitar menghasilkan suara yang bagus.

Tips Membeli Gitar yang Penting Lainnya

Fret itu sebetulnya bisa diperbaiki dan itu tidak terlalu sulit. Namun jika gitar baru ternyata fretnya telah rusak tentu akan sangat mengecewakan. Gitar yang dibeli harus sempurna agar setelah sampai di rumah nanti bisa langsung memainkannya, dan begembira bernyanyi membawakan lagu kesukaan sambil bermain gitar.

Jika merasakan gitar itu suaranya tidak bagus karena senar bisa meminta pelayan untuk menggantinya. Atau jika tidak mau melakukannya belilah senar yang bagus. Banyak senar-senar yang bagus, dan akan cocok dengan gitar yang telah dibeli.

Pastikan tuning senar gitar sesuai denga nada yang diinginkan. Gitar akan mengeluarkan suara sesuai dengan harapan tergantung juga pada stem gitar yang benar. Stem-an yang tidak susai akan membuat suara gitar terdengar fals. Itu semua akan mengganggu keluaran suara dari gitar tersebut.


Jika tips-tips itu telah dilaksanakan mudah-mudah pilhan gitar yang dibeli benar-benar sesuai harapan. Jika ada tips lain sebaiknya jangan ragu untuk mencobanya. Membeli gitar memang harus teliti benar untuk menghindari kekecewaan karena gitar yang dibeli ternyata tidak sesuai dengan keinginan.

Itulah beberapa tips yang harus kamu lakukan untuk membeli gitar berkualitas. Entah kamu membeli baru ataupun bekas. Semoga tips diatas dapat bermanfaat untuk kamu dalam berbelanja gitar. Sekian dan terima kasih.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »