Monday, January 30, 2017

Tips Memilih Pick Up Gitar Terbaik

Memilih Pick Up - Pick Up gitar adalah komponen dalam gitar untuk mengambil suara ketika senar dipetik. Sama seperti halnya mike digunakan para penyanyi, gunanya untuk mengubah energi dari energi bunyi menjadi energi listik kemudian diteruskan melalaui kebel. Proses tersebut dalam elektro disebut transduser

Dalam laman elektronika-dasar.web.id disebutkan transduser itu berasal dari bahasa Latin, traducere yang artinya mengubah. Dari kata tersebut transduser bisa didefinisikan sebagai berikut, suatu peranti yang bisa mengubah suatu energi ke bentuk energi yang lain.

tips memilih pick up gitar terbaik

Di laman elektronika-dasar.web.id disebutkan juga bagian masukan dari transduser disebut “sensor ”, karena bagian ini dapat mengindera suatu kuantitas fisik tertentu dan mengubahnya menjadi bentuk energi yang lain.

Dalam tulisan ini kita tidak akan membahas transduser secara detil. Tapi cukup di permukaannya sebagai pengantar dalam tulisan ini yang akan membahas cara memilih, dan memakai pickup gitar. Minimal setelah membaca tulisan ini pembaca bisa mengetahui mana pickup yang baik, dan mana pickup yang layak digunakan.

Pickup adalah sebuah transduser yang bisa mengubah energi gerak/getar senar menjadi energi listik. Energi listrik itu kemudian diteruskan melalui kabel, dikeluarkan melalui speaker, dan akhirnya getaran senar gitar tersebut bisa terdengar.

Pickup buat gitaris professional sangat berpengaruh pada permainan mereka. Mereka tidak hanya mengandalkan penampilan melalui desain gitar yang bagus. Semua gitar pada dasarnya memili bahan dasar yang sama, yakni kayu, string, hardware, dan pickup. Semua komponen yang disebutkan di atas memiliki peranan yang penting. Kayu misalnya memiliki peranan dalam penampilan gitar. Desain gitar yang indah tergantung pada kayu yang digunakan. Namun tampilan jika tidak didukung suara atau sound yang bagus akan percuma. Agar suara gitar keluarnya bagus itu tergantung dari senar dan pickup.

Jenis Pickup Gitar

Mengenai senar telah penulis terangkan dalam tulisan khusus mengenai senar dalam laman ini, salah satunya dalam tulisan tips memilih dan memilihara senar string. Adapun mengenai Pickup akan diterangkan secara singkat.

Pickup itu ada tiga jenis untuk peruntukannya, untuk neck, middle, dan bridge. Suara senar di posisi bridge suaranya semakin pelan, kurang low/nge-bass. Pada posisi tersebut diperlukan pickup dengan output yang lebih besar dengan karakter suara bass ditambah dan treble yang dikurangi.

Di posisi Neck sebaliknya karakter suaranya ngebass cenderung treblenya kurang. Untuk di posisi ini sebaiknya menggunakan pickup yang menghasilkan suara tidak terlalu ngebass, dan menambahkan suara treble-nya.

Yang penting untuk mendapatkan pickup yang baik untuk gitar Anda adalah menempatkan pickup itu sendiri. Jangan sampai pickup untuk bridge disimpan di posisi neck. Begitu juga sebaliknya. Pickup juga ada pickup middle yang memiliki suara tengah-tengah.

Kadang dalam gitar itu tidak hanya satu pick yang digunakan tapi bisa dua sampai tiga pickup. Untuk itu agar pickupnya seimbang sebaiknya untuk posisi bridge sesuaikan outputnya dengan yang paling besar. Kemudian untuk posisi middle gunakan output medium, sedangkan untuk neck bisa menggunakan output uang medium atau low.

Setiap pabrikan pickup biasanya mengeluarkan 3 pilihan output, yakni hi, medium dan low. Pickup output rendah soundnya cenderung lebih clean. Semakin besar outputnya semakin mudah pickup tersebut terdistorsi.

Memilih Pickup Gitar

Untuk memilih output yang cocok dengan gitar biasanya tergantung pada jenis musik yang dimainkan. Untuk gitaris rock, suara gitar berdistrosi adalah pilihannya, untuk itu harus menggunakan pickup dengan hi output, sedangkan untuk gitaris blues atau pop pilihan yang paling tepat menggunakan mediun atau malah low output.

Selain posisi, dan output dari pickup, kita juga harus memperhatikan apakah pickup itu pickup aktif atau tidak. Biasanya pickup aktif noise-nya sangat kecil, dan memiliki rangkaian preamp untuk mendorong sinyak ke ampili gitar. Karena ada preamp di dalamnya, pickup aktif membutuhkan baterai.

Bahwa pickup pasif mengirimkan sinyal asli, terlebih low output-nya ke ampli gitar. Efek yang bisa mempengaruhi sinyal tersebut adalah potensio kontrol pada volume dan tone yang terdapat pada rangkaian gitar.

Demikian info mengenai tips memilih pick up gitar. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dalam kamu belajar gitar, pilihlah pick up terbaik kamu dan sesuai dengan kebutuhan gitar kamu. Sekian tips dari mychordda, sekian dan terima kasih.

Artikel Terkait

Tips Memilih Pick Up Gitar Terbaik
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email