Friday, January 27, 2017

Gitar Klasik dan Cara Memainkannya

Gitar Klasik - Ada baiknya mengenal gitar klasik itu seperti apa. Dalam tulisan sebelumnya telah dijelaskan bahwa orang-orang lebih mengenal pada dua jenis gitar. Yakni gitar akustik, dan gitar elektrik. Kalau pun ada yang menyebut jenis lainnya, seperti gitar klasik, itu sebenarnya masih masuk dalam “keluarga” gitar akustik. Gitar tersebut terbuat dari kayu, bersenar enam, dan menggunakan senar nilon.
Gitar klasik itu mengacu pada dua konsep yakni memainkan gitar itu harus menggunakan jari, biasanya dengan kuku, atau langsung dengan sentuhan jari. Sedangkan konsep yang kedua yaitu jenis gitar ini  harus mengacu pada repertoar istrumen musik klasik.

apa itu gitar klasik

Bentuk gitar ini  memiliki variasi, tetapi biasanya mengacu pada bentuk gitar klasik modern, dan bentuk gitar yang bersejarah menyerupai gitar romantik dari Prancis, dan Italia. Senar gitarnya pernah terbuat dari bahan kenur (senar), namun belakangan senarnya terbuat dari polymers, dengan kawat halus pembungkus senar bass.

Gitar klasik modern kadang-kadang digunakan untuk membedakan gitar klasik dengan gitar yang bentuknya lebih tua, seperti gitar 6-string yang merupakan generasi awal gitar romantis pada era kira-kira 1790-1880. Gitar klasik modern sendri didesain Antonio Torres Jurado pada abad ke-19 di Spanyol.

Perkembangan gitar klasik memiliki sejarah panjang, dan memiliki karakteristik tersendiri dari tahun ke tahun. Dimulai dari zaman Barok gitar kira-kira terjadi pada 1600-1750. Kemudian zaman gitar romantis awal kira-kira pada 1750-1850. Adapun berdasarkan georgrapis gitar kelasik sering dihubung-hubungkan dengan Spayol dan Prancis.

Gitar kelasik juga memiliki karakteristik masing-masing berdasarkan zamannya, vihuela, gitar zaman renaissance, dan gitar Barok memiliki suara bright, kaya nuansa, dan akordnya memberikan tekstur suara yang sangat khusus.

Kemudian gitar klasik periode klasik dan romantis memiliki desain sedemikian rupa sehingga mengeluarkan bunyi overtones, yang tidak keluar dari bunyi aslinya. Bunyi gitar periode tersebut memberikan nada keintiman yang mencerahkan. Sedangkan gitar klasik Spanyol yang berubah secara fundamental memberikan bunyi nada yang cukup kuat.

Cara Bermain Gitar Klasik

Bagian di gitar klasik tidak berbeda dengan gitar akustik yang memiliki bagian-bagian seperti yang terlihat di gambar di bawah ini:

cara memainkan gitar klasik
Cara bermain gitar klasik memilili ciri khas. GItari klasik biasanya pandai memainkan jari-jarinya untuk memetik senar gitar. Jarang sekali gitar klasik dimainkan seperti bermain gitar melodi, atau gitar ritem, meski tidak menutup kemungkinan biasa juga dimainkan seperti itu.


Teknik memetik gitar terdiri dari dua, yakni Rest Stroke, dan Free Stroke.

Rest Stroke adalah teknik memetik yang menekan sembarang kolom pada senar pertama gitar, lalu petiklah dengan jari telunjuk, setelah selesai memetik jari telunjuk bersandar (rest) pada senar kedua.

Kemudian Free Stroke adalah teknik memetik yang menekan sembarang kolom pada senar pertama gitar, lalu petiklah dengan jari telunjuk, dan setelah selesai memetik jari telunjuk tidak bersandar (free) pada senar kedua.

Biasanya para gitaris lagu-lagu klasik menggunakan 4 jari untuk memetik senar, yakni telunjuk, jari tengah, dan jari manis, sedangkan ibu jari untuk membunyikan bass (root) sebuah chord. Tapi ada kalanya pemain yang sudah jago menyertakan kelingkingnya untuk memitik senar-senar yang ada pada gitar.

Dalam tabulature sebuah lagu jari-jari mendapatkan symbol angka, yakni untuk ibu jari biasanya disimbolkan dengan angka 0, telunjuk disimbolkan dengan angka 1, jari tengah disimbolkan dengan symbol 2, jari manis disimbolkan dengan nomor 3, dan kelingking dengan symbol angka 4.

Simbol penjarian:

0: ibu jari
1: telunjuk
2: jari tengah
3: jari manis
4: kelingking

Untuk lebih mudahnya teknik dalam memetik itu jari-jarinya tertuju pada senar tertentu. Seperti jempol untuk senar 4,5,6. Sedangkan jari kelingking hingga telunjuk digunakan untuk memetik snar 1,2,3.

Mudah-mudahan penjelasan di atas memberikan wawasan pada pembaca maupun penulis dalam mengisi pengetahuan tentang gitar. Demikian informasi mengenai apa itu gitar klasik dan bagaimana cara memainkan gitar klasik. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda dan menambah semangat anda dalam bermain gitar.

Artikel Terkait

Gitar Klasik dan Cara Memainkannya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email