Monday, January 30, 2017

Sejarah Singkat Gitar Taylor Akustik

Sejarah Gitar Taylor - Gitar Taylor berbasis di El Cajon, California, Amerika. Produsen gitar yang mengkhususkan memproduksi gitar akustik, gitar semi-hollow, dan gitar elektrik solidbody. Perusahaan ini didirikan oleh Bob Taylor dan Kurt Listug pada 1974. Artis beken yang menggunakan Gitar Taylor adalah Taylor Swift, Miyavi, Jason Mraz, dan Jewel.

Awal berdirinya pabrik Gitar Taylor terjadi pada 1972. Ketika itu Bob Taylor yang masih berusia 18 tahun bekerja di American Dream, toko gitar milik Sam Radding. Tempat di mana Kurt Listug sudah menjadi karyawan. Pada 1974, Radding menjual toko itu pada tiga serangkai, yakni Taylor, Listug, dan Schemmer. Mereka kemudian mengganti nama American Dream dengan Westland Music Company.

sejarah gitar taylor
Untuk logo pada headstock gitar, mereka memutuskan mengubah nama menjadi Taylor. Pemilihan nama Gitar Taylor lebih disebabkan nama tersebut lebih Amerika daripada Listug. Listug juga mengakui Bob Taylor adalah pembuat gitar yang sesungguhnya. Selanjutnya Listug yang mengurusi bisnis perusahaan, sedangkan Taylor bertanggung jawab pada desain dan produksi.

Pada 1976, perusahaan memutuskan untuk mulai menjual gitar mereka melalui pengecer. Namun pada 1981, mereka menghadapi kesulitan keuangan, dan memutuskan perusahaan Gitar Taylor meminjam modal pada bank untuk membeli peralatan.

Pada 2012 Gitar Taylor memiliki lebih dari 700 karyawan, dan memiliki dua pabrik, yakni di El Cajon, California, dan di Tecate, Meksiko. Di Tecate, gitar yang diproduksi adalah the Baby, Big Baby, GS mini, dan seri 100-200. Di sana juga mulai diproduksi tas tempat gitar (guitar cases).

Pada 2011, Gitar Taylor semakin melebarkan sayapnya. Mereka membuka gudang pendistribusian di Belanda. Pada tahun yang sama mereka mengadakan kerja sama dengan Madinter Trade, S.L., untuk membeli pabrik ebony Crelicam di Kamerun.

Pada Januari 1999, Gitar Taylor mematenkan bolt-on neck dengan nama NT neck. NT neck termasuk teknologi baru dalam pembuatan gitar. Biasanya leher gitar akan menyatu dengan bodi sampai ke fret 19 di fretboard. NT neck pada dasarnya adalah leher gitar yang bisa disetel ulang. Tergantung keinginan pengguna menginginkan leher tersbut agar enak untuk dimainkan.
Gitar taylor menggunakan pickup milik sendri yang bernama Expression System. Sistem tersebut terdiri dari pickup humbucking yang terpasang di leher dan sepasang transduser pada soundboard yang dinamis untuk mentransfer suara papan preamplifier. Papan ini dirancang oleh Rupert Neve.

Gitar Taylor The entry level seri 100 dan 200 menggunakan system yang serupa, yang kemudian orang menyebutnya ES-T, yang memanfaatkan satu pickup di bawah sadel, dan tanpa transduser di soundboard. Sistem generasi pertama ini didukung oleh sepasang baterai AA, dan pada 2007 mulai menggunakan menggunakan baterai 9-volt, sama dengan sistem pickup piezoelektrik dan microphonic di gitar lain.

Gitar Taylor dapat diidentifikasi dengan nomor model mereka yang terdiri dari tiga angka. Kemudian dibagi lagi ke dalam tiga kelompok untuk mengidentifikasi tonewood, bentuk, dan jumlah string yang enam atau yang dua belas.

Gitar Taylor Mengeluarkan Model Signature

Gitar Taylor juga mengeluarkan model signature, yang terinspirasi oleh tanda tangan artis-artis Taylor.

gitar taylor signature taylor swift

Lihat Juga : Mencari Harga Gitar yang Murah atau Mahal

Pada 1986-2000 mengeluarkan model DCSM untuk signature Dan Crary. Pada 1990-2012 mengeluarkan model LKSM untuk signature Leo Kottke. Pada 1996 mengeluarkan model NG512 untuk Nanci Griffith. Kemudian pada 1997 mengeluarkan model KMSM untuk signature Kathy Mattea, dan model 614GB untuk signature Gerry Beckley

Tahun-tahun berikutnya gitar Taylor lebih banyak mengeluarkan gitar signature artis Taylor. Pada 2000 sana mengeluarkan tujuh model, yakni CBSM untuk signature Clint Hitam, model CPSM untuk signature Chris Proctor, model DDSM untuk signature Doyle Dykes, model JCSM untuk signature John Cephas, model JKSM untuk signature Jewel Kilcher, model KLSM untuk signature Kenny Loggins, dan model RSSM untuk signature Richie Sambora

Pada 2003 gitar Taylor kembali mengeluarkan gitar signature yang terdiri dari model JCSM untuk signature Jars of Clay, medel JDCM untuk signature John Denver (Commemorative), model RFSM untuk signature Russ Freeman, model RNSM untuk signature Rick Nielsen (Cheap Trick), dan model SHSM untuk signature Susanna Hoffs (Bangles).

Pada 2010 gitar Taylor kembali mengeluarkan gitar signature yang terdiri dari model DMSM untuk signature Dave Matthews, model JMSM untuk signature Jason Mraz, model SCCSM untuk signature Steven Curtis Chapman, model STSM untuk signature Serj Tankian (System of A Down), dan model Tsbt untuk signature Taylor Swift.

Demikian cerita singkat sejarah gitar taylor. Apa kamu suka memakai gitar akustik taylor ? Selain dipakai oleh artis-artis beken. Gitar ini juga sangat keren. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk kamu, sekian dari mychordda dan terima kasih.

Artikel Terkait

Sejarah Singkat Gitar Taylor Akustik
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email