Gitaris Terbaik Dunia Sepanjang Masa

Unknown 4:23:00 AM
Gitaris Terbaik - Siapa yang Layak menyandang gitaris terbaik dunia sepanjang masa? Yngwie Malmsteen, Eric Clapton, Ritchie Blackmore, Steve Vai, Joe Satriani, atau siapa? Susah untuk menjawabnya karena masing-masing gitaris kelas dunia tersebut memiliki kepiawaian yang khas, dan sulit tertandingi.
Biasanya daftar terbaik gitaris dunia dimunculkan oleh sebuah penerbitan. Mereka membuat daftar pendekar gitar lengkap dengan ulasannya. Seperti yang penah dikeluarkan guitarworld.com pada 10 Oktober 2012. Guitarworld meliris 100 guitar terbaik di dunia.

salah satu gitaris terbaik dunia

Gitaris Terbaik Dunia Sepanjang Masa 

Tentu mereka punya alasan mengapa nama-nama itu masuk dalam deretan pemain gitar terbaik dunia sepanjang masa. Mereka juga tentu punya alasan mengapa si X berada di peringkat ke-100, dan posisi si D berada di posisi pertama. Mereka punya pertimbangan, dan tidak akan seenaknya membuat ranking para gitaris dunia tersebut.

Sebetulnya susah membandingkan-bandingkan para gitaris yang telah malang melintang di blantika music dunia. Selain karena memiliki kekhasan masing-masing, era di mana dia tengah berjaya seharusnya menjadi perhitungan juga. Akan sulit membandingkan gitaris pada era 60-an dengan era new millennium saat ini.

Tapi tentu jika mengulas kehebatan masing-masing dewa gitar tentu sangat memungkinkan. Dengan tidak bermaksud merangking, atau mengelas-kelaskan mereka tentu sah-sah saja. Untuk itu dalam tulisan ini akan mencoba mengulas beberapa gitaris terbaik dunia sepanjang yang penulis ketahui.

Dalam ulasan tersebut sedapat mungkin tidak akan memasukkan penilaian penulis tapi akan berdasarkan fakta yang terdapat dalam berbagai literatur. Di bawah ini adalah ulasan para dewa gitar yang menghentak blantika music dunia.


Berikut Gitaris Terbaik Dunia Sepanjang Masa Menurut MyChordDA

Jimi Hendrix


gitaris terbaik dunia jimi hendrix
Nama lengkapnya James Marshall “Jimi” Hendrix. Dia lahir di Seattle, Washington, Amerika Serikat, 27 November 1942. Permainan gitarnya mau tidak mau harus diakui sangat mempengaruhi gitari-gitaris dunia. Dia meninggal di London pada 18 September 1970, saat berusia 27 tahun. Selain gitaris dia juga vokalis, penulis lagu, dan masuk dalam jajaran tokoh budaya Amerika.

Jimmy Page

Dia juga layak disebut dewa gitar, sentuhan-sentuhan jarinya menjadikan music Led Zeppelin sangat berpengaruh pada eranya. James Patrick “Jimmy” Page OBE lahir pada 9 Januari 1944. Page mengawali kariernya sebagi musisi studio di London. Page menjadi pemain gitar yang dicari. Pada 1966-1968 dia bergubung dengan Yardbirds, kemudian mendirikan Led Zeppelin. Majalah Rolling Stone menobatkan dia sebagai gitaris nomor tiga dari daftar 100 gitaris terbaik sepanjang massa. Pada 2007 dia menjadi gitaris nomor 4 dalam 100 Wildest Guitar Heroes. Pada 2010, Page juga masuk dalam dua besar Top 50 Gitaris of All Time versi Gibson.

Jeff Beck 

Jeff Beck beredar bersamaan dengan Jimmy Page, dan Eric Clapton. Beck pernah bergabung dengan Yardbirds. Dia telah memenangi 5 Grammy. Beck yang lahir pada 24 Juni 1944 merupakan salah satu gitaris solo yang sukses.

Eric Clapton


eric clapton termasuk dalam gitaris terbaik dunia
Gitaris ini jangan ditanya kepiawaiannya memainkan dawai. Eric Clapton Patrick yang lahir pada 30 Maret 1945, tiga kali masuk dalam Rock and Roll Hall of Fame. Penghargaan itu diterimanya karena sukses dalam berkarier sebagai gitaris solo, sukses saat bergabung dengan The Yardbirds, dan juga dengan Cream. Dia juga sempat bergabung dengan John Mayall & the Bluesbreakers untuk bermain blues. Clapton pernah menerima tujuh belas Grammy Awards, dan Brit Award untuk Outstanding Contribution to Music. Pada 2004 Clapton dianugerahi CBE di Istana Buckingham dalam bidang musik.


Gitaris Terbaik Dunia Sepanjang Massa Lainnya

Ritchie Blackmore

Ritchie Blackmore atau Richard Hugh “Ritchie” Blackmore adalah salah seorang pelopor gitaris yang beraliran hard rock, yang saat itu di dataran Inggris dianggap aliran music keras. Dia terkenal bersamaan dengan grup band yang digawanginya Deep Purple. Ritchi yang lahir pada 14 April sebetulnya permainan dasar gitarnya adalah klasik. Hingga kini warna musiknya masih banyak mempengaruhi generasi band hard rock. Permainannya yang mengawinkan rock blues dan klasik menjadikan ciri khasnya yang banyak diikuti para gitaris generasi berikutnya.

Chuck Berry


chuck berry salah satu dalam daftar gitaris terbaik dunia
Charles Edward Anderson “Chuck” Berry adalah salah satu pioner music rock and roll. Dia berhasil tenar berkat lagu-lagunya seperti Maybellene (1955), Roll Over Beethoven (1956), Rock and Roll Music (1957), dan Johnny B. Goode” (1958). Chuck Berry berhasil membangun rhythm and blues menjadi unsur pertama dalam music rock and roll. Jenis music yang dikembangkan Chuck Berry ini sangat mempengaruhi music rock.

Carlos Santana


carlos santana gitaris hebat dunia
Carlos Augusto Alves Santana adalah gitaris pelopor yang memadukan musik rock dan Amerika Latin. Musik tersebut mulai banyak diminati pada akhir 1960-an dan awal 1970-an. Saat itu band Santana mulai akrab di telinga penggemar music rock. Santana tidak hanya memasukkan nada-nada khas Amerika Latin, tapi juga membawa unsur alat music seperti timbales dan congas umumnya yang tidak lazim terdengar dalam musik rock. Sepanjang karienya dia telah memenangkan 10 Grammy Awards dan 3 Latin Grammy Awards.
Lihat Juga : 10 Gitaris Terbaik Dunia Versi Majalah Rolling Stone

Demkian beberapa nama gitaris terbaik dunia yang sangat berpengaruh pada perkembangan music, terutama rock saat ini. Bagaimana dengan versi Anda?  Dalam kesempatan lain, nama-nama beken gitaris lainnya akan muncul juga dalam laman ini. Tunggu saja kemunculannya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »