Thursday, January 26, 2017

Gitar Genta, Gitar Berkualitas Buatan Bandung

Gitar Gentar - Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) adalah salah satu pengguna gitar buatan Bandung ini. Tak hanya SBY, tetapi musisi lain seperti Pretenders, Sawung Jabo, Hari Pochang, Fery Curtis, dan Abah Iwan, pernah menggunakan gitar ini. Gitar ini sebenarnya sudah terkenal sejak 1980-an, namanya gitar Genta.

Gitar ini  tak hanya menjual produk hasil rancangan mereka. Mereka biasanya menerima pesan dari orang yang akan membelinya. Tentu saja sesuai keinginan para pemesan. Bagi yang baru belajar gitar pun bisa memesan atau membeli produk yang sudah ada di sini.

gitar genta khas bandung
gitar genta khas bandung
Gitar yang diproduksi gitar Genta beragam, untuk gitar akustik Ada yang berwarna cerah, ada juga yang berwarna gelap. Hampir semua bernuansa kayu, dan terbuat dari kayu mahoni. Kayu mahoni juga digunakan oleh pabrikan gitar Gibson, contohnya Les Paul. Selain mahoni, kayu rose wood juga digunakan untuk membuat gitar di sini.

Sama dengan gitar akustik, Gitar ini  juga mengeluarkan gitar elektrik yang berkualitas. Mayoritas berwarna hitam. Mereka juga memproduksi ukulele. Produk gitar Genta ini beredar di toko-toko musik di Bandung, bahkan sudah ada yang diekspor, seperti ke Inggris dan Amerika Serikat.

Gitar Genta lewat PT. Genta Trikarya pernah mendapatkan penghargaan NAMM Milestone Award pada 2009. Penghargaan ini bisa diperoleh produsen alat musik yang telah berdedikasi selama lebih dari 50 tahun. Guitar Genta masuk dalam kriteria tersebut.

Tempat produksi gitar ini  berada di kawasan Ujungberung (Jalan. AH. Nasution KM 12,5 No. 69). Pabrik ini berdiri pada 1959. Perintisnya Ki Anong Naeni. Ki Anong merupakan ahli mekanik dan elektronik.

Ki Anong pernah bekerja di pabrik mesin milik Belanda. Dia dan sahabatnya mendirikan pabrik gitar Genta. Tak hanya gitar Genta, mereka juga mendirikan beberapa pabrik gitar lainnya di Bandung.

Dalam laman wisatabdg.com dalam artikel berjudul “Genta: Gitar Produk Bandung yang Melegenda” yang di-upload pada 28 Januari 2013, dikisahakan Ki Anong bertemu Raden Mahyar dan membuat gitar 17 fret (dibuat 3 buah). Gitar tersebut satu telah dibawa ke Prancis, satu lagi dibawa ke Malaysia, dan satu lagi masih ada di keluarga Raden Mahyar di Bandung.

Gitar Genta

Jalan AH. Nasution KM 12.5 No. 69, Bandung
Telepon: (022) 7812446
Official Website: www.gentaguitar.com

Artikel Terkait

Gitar Genta, Gitar Berkualitas Buatan Bandung
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email