Sunday, January 22, 2017

Cara Belajar Gitar Secara Cepat, Kenapa Tidak ?

Belajar Gitar Cepat - Belajar gitar cepat, yuk. Kali ini masih membahas chord progression. Kali ini akan membahas progres minor. Untuk menghindari kesalahan dari awal diingatkan bahwa dalam sebuah komposisi musik tidak ada nada dasar minor, misalnya Am atau Em. Mengapa? Silakan ikuti penjelasannya di bawah ini.

Pada dasarnya nada-nada minor itu terbentuk dalam rangkaian nada-nada mayor, misalnya di chord preogression C muncul chord Am, Em atau Bdim. Triad dalam A adalah A C# D. Jika nada dasarnya C nada C# tidak ada dalam rangkaian tangga nada C Mayor. Maka agar A masuk dalam chord progression C C#-nya harus diubah menjadi C, maka formulanya menjadi Am yakni A C D.

belajar gitar dengan cepat

Penjelasan di atas berlaku juga untuk Em dan Bdim. Mari kita teliti triad E mayor adalah E G# A, sedangkan G# tidak ada dalam rangkaian tangga nada C mayor. Untuk itu G# harus diturunkan setangah menjadi G dan jadilah chord Em.

Belajar gitar cepat masih akan diteruskan. Bagaimana dengan Bdim? Triad B mayor adalah B D# F#, tapi karena D# F# tidak ada dalam rangkaian nada C mayor maka D# F# masing-masig diturunkan setengah menjadi D dan F. Jika ada pertanyaan mengapa bukan Bm karena chord B terjadi perubahan dua chord yang masing-masing turun setengah.

Interval dalam Chord
Rumus mayor adalah 2 – 1 1/2
Rumus minor adalah 1 1/2 – 2
Rumud Diminished 1 1/2 – 1 1/2

Masih bingung? Sebaiknya jangan. Kita tinggal praktekkan sambil menghitung-hitung di fret gitar. Untuk mengingat jika jarak nada ke nada 1 maka jari kita harus pindah dua fret, sedangkan kalau 1/2 nada jari kita harus pindah 1 fret.

Setelah kita tahu mengapa dalam chord progression chord II III VI harus minor dan chord VII harus Bdim, kita coba untuk menerapkan chord-chord tersebut dalam sebuah lagu. Berikut progres chord nada dasar C.

C (I) – Dm (II) – Em (III) – F (IV) – G (V) – Am (VI) – Bdim (VII)

Tidak semua lagu chord awalnya adalah mayor, tapi sering juga minor. Seperti telah dijelaskan di atas sebuah kompoisi musik tidak ada yang bernada dasar minor. Lalu kenapa di awal lagu ada yang chord minor? Jawabnya karena sebetulnya nada minor tersebut masih satu rangkaian dalam chord progression.

Coba saja chord progression yang bernada dasar C. Meski lagu itu diawali dengan chord Am lagu itu nada dasarnya tetap C. Namun ada progresi minor dalam sebuah chord progression, dari sanalah munculnya lagu tersebut bisa diawali oleh chord Am.

Untuk menentukan progresi minor dalam chord progression sangat gampang, tinggal urut dari chord ke 6 major. Misalnya DO=C, maka progresi minornya sebagai berikut Am (VI) – Bdim (VII) – C (I) – Dm (II) – Em (III) – F (IV) – G (V).

Belajar Gitar Cepat Itu Gampang

Gampangkan. Jadi jangan kaget dan bingung jika menemukan lagu yang diawali oleh chord minor karena tidak semua nada dasar chordnya mengadikah komposisi musik.

Masih bingung? Jangan, karena teori kalau tidak dibarengi praktek, teori belajar gitar cepat hanya akan menjadi tulisan yang tak bernilai. Maka itu terus baca teori dan praktekan. Selamat mencoba, dan berdoa semoga keberuntungan berpihak pada kita.

Artikel Terkait

Cara Belajar Gitar Secara Cepat, Kenapa Tidak ?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email